Alhamdulillah, Kuala Lumpur. (2)

"Wah ada burung" kata Shofi waktu keluar dari pesawat.

itu salah satu bentuk excited dari kita-kita waktu udah sampai KL.
Gapapa.

Alhamdulillah, KLIA2 ke kota lumayan jauh wkwk. Kira-kira 30 menit lebih. Karena Air Asia turunnya di KLIA2, sedangkan Cacan yang naik Lion Air turun di KLIA1 ((iya, Cacan berangkat dari Balikpapan)) jadi kita bertiga nyamperin Cacan ke KLIA1. Alhamdulillah lagi keluar dari immigrasi kita bertiga bingung kelanjutannya harus gimana, wkwk.

Nah, biar bisa ngubungin Cacan kita bertiga langsung beli SIM lokal. Celcom, harganya 25 RM atau sekitar 77.500 IDR. Kuotanya cukup kok buat 6 hari di Malaysia, ada pulsanya juga buat nelpon dalam negeri.

Nah, habis beli sim lokal kita-kita rencananya mau naik taxi ke KLIA1 lanjut hotel, tapi ternyata gak bisa karena cuma bisa one stop. Jadi disaranin buat naik kereta aja ke KLIA1 terus naik taxi ke hotel. Pokoknya di bandara kita nanyak mulu dah sama orang, waktu mau beli tiket kereta aja nanya padahal ternyata di depan mata wkwk. Nah, biaya buat naik kereta ke KLIA1 murah aja, cuma 2 RM atau sekitar 6200 IDR.

Setelah meet sama Cacan kita bingung lagi nih harus naik apa ke hotel. Nah, awalnya kita emang mau naik taxi aja kan tapi pas nanya harganya kok gak sopan, 233 RM cuiy sampai hotel atau sekitar 722.300 IDR WKWKWK. Nah, kita mundur pelan-pelan tuh.. Terus kita cari tempat beli tiket kereta, tapi ternyata harga kereta sama naik taxi which is yang bakalan di bagi 4 harganya kurang lebih, tapi kalau naik kereta cuma sampai stasiun sedangkan naik taxi udah sampai hotel. Ahkirnya kira mengihklaskan 233 RM untuk nganterin kehotel dan alhamdulillah taxinya mercy cuiy wkwkwk ((mungkin ini alasan kenapa harganya gak sopan:D )) Buat nemuin taxi ini ada di pintu keluar di sebelah kiri namanya taxi luxury.

Pakcik supir aku ini ramaaah banget mengayomi gitu, dia udah tua kan dia banyak cerita tentang keluarganya dan lain-lain. Walaupun kadang ada yang kurang paham karena dia mix gitu bahasanya melayu-english. Dia udah ke 16 negara bagian AS loh! Dia juga banyak nasehatin kita karena kita-kita cewek semua kan. Nah karena hotel kita di chinatown jadi gak bisa pas sampai depan hotel jadi cuma sampai di seberang gapura Petaling Street, terus kita ditemenin nyebrang jalan juga.. hueee makasih Pakcik!

Oh iya awalnya kita-kita sampai sana itu bingung apa yah panggilan buat orang yang lebih tua di atas kita. Baru tau juga Pakcik/Makcik itu sama dengan om/tante, akak/kak/abang sama dengan kakak gitu, sama tuan/puan itu kayak bahasa formal, resmi dan sopan gitu menurut aku kayak kalau di bandara pakenya tuan-tuan dan puan-puan.

Nah, kelar istirahat bentar kita langsung turun cari makan. Kita makan di pinggir jalan gitu. Sesaat setelah bayar.. this is just me or not tapi ada beberapa hal yang aku baru sadari. Ini aku lagi di KL apa India? Kayak orang India tuh banyak banget dah.. sama KL mahal juga ya.. makan di pinggiran jalan gitu aja habisnya 12 RM atau sekitar 37.200 IDR padahal aku makan nasi briyani+ayam (9.5 RM/29,450 IDR) sama ice milo (2.5 RM/7,750 IDR) aja padahal..

Hari kedua!!!

Kita-kita berangkat ke Batu Caves, destinasi pertamaaa. Jalan kaki dong pagi-pagi ke stasiun KL terus naik LRT ke Batu Caves hanya dengan 2.5 RM/7,750 IDR cuiy. Nah, di sini kita ketemu sama keluarga Indonesia yang lagi backpaking. Tante Siska namanya, welcome banget sama kita-kita. Dia ini menurut aku bosnya. Semua keluarganya itu nurut sama dia, dia juga aktif banget orangnya nanya sana-sini. Dia ini traveler abis dah ntar kelar dari KL sama keluarganya dia lanjut mau ke Thailand sendirian cuiy. Nah, kita ternyata sama-sama mau ke Batu Caves dan dia ngajakin kita-kita buat ke Genting Highlands habis dari Batu Caves. Kita iyain aja lagian kita juga gak tau kemana destinasi berikutnya ahaha.

sqúad left to right {Shofi, Q, Daning, Cacan} taken by Tante Siska
burungnya gak ada yang mau deket-deket, diliatin security pula :)
Karena Tante Siska ini punya target satu hari harus banyak destinasi maka kita gak lama di Batu Caves terus langsung berangkat ke Genting Highlands. Dari Batu Caves kita naik taxi ke terminal bus. Harga taxi satu mobilnya 20 RM/62.00 IDR. Bisa didapetin di pintu keluar Batu Caves. Dia gak ada stand gitu sih setauku cuma berdiri doang gitu, Tante Siska sih yang nyariin wkwk.

Kondisi mobilnya menggenaskan gitu. Jadi ada dua mobil, satunya mobil sedan jadul satunya mobil yang kaca depannya retak-retak kayak habis kecelakaan gitu loh wkwk, jauh dari yang kayak di airport lah cuiy. Oh iya jadi aku, Daning sama Shofi satu mobil sama Elo anak tante siska yang paling kecil cowok sendiri. Elo anak Tante Siska yang paling ramah sama kita-kita sisanya dua orang cewek kayak kurang suka sama kehadiran kita wkwkwkwkwk.

Sampai terminal bis Go Genting sekitar jam 12:00 siang dan busnya baru ada lagi jam 13:00. Disini Tante Siska heboh ada mesin minuman gitu yang isinya soda, air mineral, teh, dll yang cuma 1 RM cuiy.

Nah, harga tiket bisnya 3.4 RM + skyway naik (gondola) 8 RM. Gak lama bisnya datang. Kira-kira 1 jam buat sampai ke Genting Higlands atau tepatnya sampai di skyway cable car stasiun.

Karena selama di sana cuacanya lagi sering hujan, jadi waktu naik skyway ini banyak banget kabutnya. Nah, sebelum berangkat kita bakalan difoto dulu. Kalau minat buat ngambil hasilnya bakalan diambil di pemberhentian dengan harga 37 RM atau sekitar 114.700 IDR untuk satu bingkainya.

Nah, sampai di atas itu kayak sampai di Mall gitu, gede dan bagus banget. Terus ada taman hiburan indoornya.

Nah, di sini kita mencar sama keluarga Tante Siska eh tapi ketemu lagi di Snow World. Sebenarnya awalnya kita cuma mau ngecek harga masuk ke Snow World, tapi karena Tante Siska bilang "udah masuk aja kapan lagi udah sampai sini hlo". Yha bener juga sih udah jauh-jauh gak ngapa-ngapain ahaha. Harga buat masuk ke Snow World ini 38.3 RM/org atau sekitar 118.730 IDR. Oh iya, dingin nya Snow World sampai -5 derajat loh!

Dari awal Tante Siska udah bilang kalau disuruh foto jangan mau, karena bakalan banyak fotographer dari Snow World. Jadi, sistemnya dia di dalam foto-foto dulu gratis terus waktu keluar disuruh liat-liat, kalau ada yang minat baru deh bayar. Jadi, kita foto-foto aja dan niatan awalnya gak bakal ngambil soalnya udah ada yang dari skyway lagian fotographernya juga lucu dan ramah-ramah gitu wkwk.

Salah satu abang-abang photographer cuiy
Perjuangan banget harus lepas sarung tangan demi selfie:')

Gak cuma main salju, didalam Snow World juga ada banyak photo booth, pelosotan, sama iglo yang kalau udah benar-benar kedinginan bisa ngangetin sementara gituuu.

Waktu udah keluar kita liat-liat doang hasil fotonya, eh tapi kok hasilnya lucu-lucu dari yang awalnya gak mau beli ahkirnya jadi beli satu dah, bener kata Tante Siska, mending dari awal kagak usah mau difotoin wkwk. Fotonya bisa diambil dalam bentuk kaset, print out, sama macem-macem, tapi kita ambil yang paling murah wkwk. Harganya 53 RM atau sekitar 164.300 IDR. Dari sini kita putuskan untuk tidak lagi dapetin foto selain dari kamera handphone wkwkwk.

Oh iya, kalau kalian mampir ke Genting Highlands harus beli popcorn Eureka, enak banget cuuuuiy!

Setelah dari Snow World kita-kita ke mushola. Nah, waktu di mushola gitu kita liat ibu sama anak yang sholatnya beda banget dari kita dan gak pake mukena. Muka-muka arab gitu sih tapi pastinya gak tau, pengen nanya anaknya ngajak ngobrol tapi gak ada yang berani wkwk.

Nah, setelah itu kita turun lagi naik skyway terus naik bus balik ke KL. Sampainya di terminal bus yang sekaligus stasiun KL Central. Dari situ kita naik kereta buat sampai di stasiun pasar seni.

Tante Siska dan keluarga ini gak netap disatu hotel selama di KL. Kalau gak salah sebelumnya penginapan dia di Bukit Bintang terus sehabis dari Genting ini dia pindah hotel ke Chinatown which is deket sama kita jadinya searah gitu. Setelah sampai di stasiun kita jalan kaki ke Chinatown dan berahkir lah one day with Tante Siska sekeluarga karena mereka mau check in dan kita-kita mau makan.

Banyak informasi yang dibagikan Tante Siska buat kita. Contohnya ternyata ada bis di airport buat ke kota dan cuma 12 RM/37.200 IDR cuiy, huahahaha! Terus, buat dapetin tiket pesawat murah mending beli di airpaz, bisa dicek deh. Karena dia punya jadwal penerbangan dari jauh-jauh hari. Tante Siska juga nyaranin kita harusnya gak stay di satu penginapan gitu. Jadi kita pindah ke penginapan yang dekat dengan tempat wisata yang mau kita tuju, jadi biaya transportasi lebih murah. Banyak deh cerita dari Tante Siska, pokoknya makasih tante buat sehariannya udah nge guide kita, semoga ketemu lagi dilain hari hihi.

Tante Siska dan suami, taken by Elo!
Setelah makan nasi lemak + es lemontea di pasar seni seharga 10.4 RM atau sekitar 32.240 IDR alhamdulillah lebih murah wkwk. Kita balik kepenginapan, ternyata resepsionisnya ganti jadi akak-akak yang ceriwis banget wkwk. Kita-kita panggil dia akak ros! kak ross.. o.. kak ros..

Hari ketiga!!!

Destinasi hari ketiga kita, kita keeee KL Tower. KL Tower ini menara tertinggi ke-6 di dunia dengan tinggi 421m cuiy ((source:wikipedia)). Buat bisa sampai ke KL Tower dari Chinatown ini kita jalan kaki ketempat GO KL ngetem. GO KL ini bis gratis yang rutenya keliling kota. GO KL ngetem di deketnya pasar seni, persisnya di depan Lavana Hotel. Buat sampai ke KL Tower kita bisa naik GO KL purple line ntar ada pemberhentian di KL Tower. Dari pemberhentian itu jalan kaki buat sampai ke KL Towernya, nah ntar sampai di gerbang KL Tower ada free shuttle buat ke atas. Jadi, jalannya nanjak dan lumayan jauh dari gerbang situ.

Jadi di KL Tower itu ada macam-macam wahana gitu dari 4D, Aquarium, observation deck, skydeck, dll. Harganya macem-macem dan cukup menguras dompet wkwk. Kita-kita galau banget mau yang mana soalnya mahal semua wkwk. Setelah mikir lumayan lama kita ahkirnya putuskan buat ngambil observation deck+sky deck. Harga yang harus dibayar 105RM atau sekitar 325.500 IDR/org.

Kita-kita milih itu soalnya buat bisa ke observation deck doang itu harganya setengah dari harga kalau milih ob.deck+skydeck sedangkan ob.deck itu cuma di ruangan tertutup gitu, jadi mending sekalian pilih ob.deck+skydeck.

Observation deck

Di observation deck ini kita bisa liat kota pakai teropong khusus yang disediakan. Bahkan dari sini bisa liat pelajan kaki yang ada di bawah dengan jelas, bisa liat puncak Petronas juga loh!

Nah, selain observation deck ada juga skydeck. Ini nih yang keren banget.. Jadi ada box kaca gitu, jadi waktu kita ada dalam box kaca itu kayak lagi melayang cuiy. Kapasitasnya dua-tiga orang dan harus lepas alas kaki juga. Sukaaa!

Kebetulan ada polisi rame-rame kayak lagi shooting gitu..
Kelar dari KL Tower, kita-kita lanjut ke KLCC. Kita-kita jalan kaki dari tempat shuttle bis ke KLCC  wkwk. Capeeek banget cuiy kira-kira 30 menit. Iya, lumayan jauh. Sampai sana di depan petronas itu rameee banget jadi susah banget dah mau foto soalnya banyak orang yang gak mau minggir, kan background jelek kalau photobomb gitu wkwk. Jadinya kita ke Suria KLCC aja.
Photobomb yang paling aku benci :)

Efek habis jalan setengah jam ke KLCC kita tepar semua terus balik ke pasar seni buat makan karena kita pikir pilihan paling murah terus balik ke hotel. Balik dari KLCC bisa naik GO KL green line turun di Bukit Bintang terus naik GO KL lagi purple line, ntar berhenti di pasar seni.

Nah, habis istirahat sebentar aku, Daning, sama Shofi turun lagi.. tapi Cacan enggak karena kecapean wkwk, kita jalan-jalan ke chinatownnya. Walaupun hotel kita di chinatown tapi kita sendiri belum pernah menyusuri jalan itu wkwk. Cuma foto bentar di chinatown terus ke pasar seni sambil nunggu di jemput Pakcik aku. Jadi, kakak dari ibu aku ada yang tinggal di Malaysia tepatnya di Klang katanya sih sekitar 45 menit dari KL. Pakcik aku udah tinggal di Malaysia dari tahun 80an, jadi dia sama keluarganya menetap disana dan sayangnya udah pindah kewarganegaraan jadi Warga Negara Malaysia.

Singkat cerita ahkirnya kita bertiga makan malam sama Pakcik ku sama temannya di dekat jalan alor yang di sekelilingnya yang banyak club-clubnya dan ke KLCC untuk kedua kalinya hari itu. Bahkan sampai jam 12 malam KLCC tetep rame orang-orang pada foto! Habis itu balik hotel deh..

Wah panjang juga ya..
Okd sampai disini dulu lah..